Streaming Online

Tujuan Perkembangbiakan Makhluk Hidup dan Jenisnya

Tujuan perkembangbiakan makhluk hidup adalah untuk mempertahankan jenisnya agar tidak punah. Perkembangbiakan makhluk hidup terbagi menjadi beberapa jenis.

Perkembangbiakan pada hewan Perkembangbiakan pada hewan terbagi menjadi dua, secara kawin dan tidak kawin.

1. Perkembangbiakan secara kawin

Perkembangbiakan secara kawin disebut juga dengan generatif. Berdasarkan lokasi pembuahan sel telur oleh sel sperma, perkembangbiakan generatif pada hewan dibagi menjadi dua macam.

  • Pembuahan di luar tubuh: Penggabungan sel telur dan sperma terjadi di luar tubuh induk. Contohnya, ikan dan katak.
  • Pembuahan di dalam tubuh: Penggabungan sel telur dan sperma terjadi di dalam tubuh induknya. Contohnya, reptil, unggas, dan mamalia.

Selain itu, berdasarkan jenis perkembangan janinnya, perkembangbiakan pada hewan dibagi menjadi tiga macam.

  • Ovipar: hewan berkembang biak dengan bertelur. Contohnya ayam dan penyu
  • Vivipar: hewan yang berkembang biak dengan melahirkan. Contohnya sapi, singa, dan kambing
  • Ovovivipar: hewan yang berkembang biak dengan bertelur dan melahirkan. Biasanya hewan berkembang di dalam telur, namun masih di dalam tubuh induknya.

Janin mendapatkan cadangan makanan dari dalam telur, bukan dari induknya. Setelah janin matang, baru dilahirkan oleh induknya. Contohnya ikan pari dan beberapa jenis ular.

2. Perkembangbiakan secara tidak kawin

Perkembangbiakan secara tidak kawin disebut juga dengan vegetatif. Perkembangbiakan ini terjadi pada hewan tingkat rendah. Contohnya adalah tunas pada Hydra dan fragmentasi pada cacing planaria.

Perkembangbiakan pada tumbuhan

1. Perkembangbiakan secara kawin

Proses ini terjadi dengan cara penyerbukan antara serbuk sari dengan kepala putik. Serbuk sari akan masuk ke dalam bakal biji dan bertemu sel telur. Pembuahan inilah yang akan membentuk buah dan biji.

2. Perkembangbiakan secara tidak kawin

Perkembangbiakan jenis ini disebut dengan perkembangbiakan vegetatif. Beberapa cara perkembangbiakan vegetatif pada tumbuhan beserta contohnya adalah sebagai berikut: Umbi lapis: bawang bombai dan bawang putih Umbi batang: kentang Tunas: pisang dan bambu Rizoma: tanaman rimpang seperti jahe, kunyit, dan kencur Geragih (stolon): merambat di atas tanah seperti stroberi Spora: tumbuhan paku.  

sumber : kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *