Breaking News

Tips Mencegah dan Membersihkan Noda Lengket pada Kulkas

0 0

KOMPAS.com – Bahan makanan yang bocor atau tumpah saat disimpan di kulkas dapat membuat bagian dalam kulkas tampak kotor dan meninggalkan noda serta bau. Noda ini pun sering kali berakhir lengket dan mengeras. Hal ini sangat sering ditemukan, terlebih ketika menyimpan saus atau bahan cair lainnya yang tidak tertutup rapat. Dilansir dari The Kitchn, Selasa (18/1/2022), berikut tips mencegah dan membersihkan noda lengket pada kulkas.

Gunakan bungkus plastik sebagai pembatas

Untuk makanan cair dan lengket, Alexa Robles Marrero, deli associate di Ralphs, menyarankan menggunakan bungkus plastik. “Makanan seperti salad, pasta, dan sup yang memiliki minyak atau cairan lebih tinggi pasti akan membuat kondisi kulkas menjadi berantakan. Jadi, tambahkan beberapa bungkus plastik di bawah atau di sekitar piring saji untuk membuat pembersihan lebih mudah,” saran Robles Marrero. Bisa pula melapisi rak kulkas dengan plastik sehingga bisa langsung mengangkat plastik bila terjadi tumpahan.

Bersihkan dengan sabun castile 

Diego Romero, juru bicara Sprouts Farmers Market, mengatakan produk pembersih yang ramah lingkungan seperti sabun castile atau sabunberbahan dasar nabati adalah pilihan tepat untuk membersihkan tumpahan di dalam kulkas.  “Di Sprouts, kami suka melakukan hal-hal dengan cara alami. Kami selalu mencari cara menghindari bahan kimia keras. Kami senang menggunakan sabun castile untuk membersihkan karena sangat serbaguna dan membantu,” ungkap Romero.  Bonus lain, sabun castile mempunyai kemampuan untuk membersihkan berbagai tumpahan seperti buah dan sayuran.

Gunakan sabun cuci piring

Dylan Ortiz, pegawai toko kelontong di Vons, mengatakan untuk membersihkan noda lengket pada kulkas, dapat menggunakan air hangat, sabun cuci piring, dan spons bersih atau kain mikrofiber “Kulkas toko kelontong digunakan oleh lebih banyak orang daripada satu orang di rumah, jadi membersihkannya secara teratur sangat penting, terutama adanya Covid-19,”

Semprot rak dengan cuka putih

Molly Siegler, Manajer Program Senior untuk Pengembangan Kuliner di Whole Foods Market, menunjukkan bahwa sesama pekerja toko membutuhkan pembersih berkualitas guna menjaga kulkas tetap bersih dan rapi.  “Menggunakan botol semprot 16 ons, tambahkan dua bagian air, satu bagian cuka, 20-30 tetes minyak esensial kayu putih dan peppermint, atau 40-45 tetes minyak esensial serai. Setelah itu, semprotkan ke handuk dapur yang dapat digunakan kembali dan bersihkan laci dan rak dengan hati-hati.”

Siapkan pembersih kaca nabati

Menggunakan semprotan dbahan kimia keras di dekat makanan, terutama kulkas, sangat tidak disarankan. Itu sebabnya semprotan nabati menjadi salah satu solusi untuk membersihkan pintu dan rak kaca kulkas. Pembersih serbaguna ini menyelesaikan pekerjaan tanpa meninggalkan residu dan asap berbahaya. “Tidak ada pelanggan yang ingin membuka kulkas toko dan mencium bau bahan kimia pembersih saat mengambil makanan,” ujar Marcos Guerrero, stocker di Grocery Outlet.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.