Streaming Online

Sekda Palas Resmikan BLK Komunitas Workshop Pertama

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Padang Lawas, Arpan Nasution, meresmikan Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas Workshop di Pondok Pesantren Syakira, Desa Janji Lobi, Kecamatan Barumun, Rabu (4/8).

Pusat latihan kerja pertama yang diresmikan di Padang Lawas itu bergerak di bidang kejuruan desain mode dan tekstil.

Maskur Subhan Daulay selaku pimpinan Ponpes Syakira dan BLK mengungkapkan pusat latihan tersebut sudah beroperasi meski baru hari ini diresmikan.

Menurutnya hasil BLK antara lain seragam sekolah yang kini sudah bisa digunakan para siswa, khususnya putra-putri Ponpes Syakira.

Maskur menyebut tahun ini BLK Komunitas Workshop membuka 16 peserta pelatihan yang nantinya diverifikasi hingga pusat. “16 peserta itu setengahnya dari Ponpes Syakira dan setengahnya dari masyarakat. Harapannya sekolah dan pondok pesantren yang lain bisa bekerja sama dan memesan ke BLK Komunitas Workshop ini,” jelas Maskur.

Sementara Fauzan Hasibuan, Ketua Badan Silaturrahmi Pondok Pesantren Padang Lawas turut mendukung pembukaan pelatihan kerja ini yang akan meningkatkan kreatifitas anak-anak pondok pesantren.

Senada, Kepala Kemenag Kabupaten Padang Lawas, Abdul Manan, menyebut BLK Komunitas Workshop merupakan bukti pembukaan peluang kerja baru yang diharapkan dapat sejalan dengan visi misi Kabupaten Padang Lawas ke depan.

“Ini merupakan penciptaan peluang kerja baru di Padang Lawas,” sambut Abdul Manan.

Sekda Arpan Nasution juga menyampaikan apresiasi pada BLK Komunitas Workshop di Ponpes Syakira Janji Lobi.BLK ini dianggap akan mampu menyiapkan generasi yang mumpuni. Bahkan dia bersedia menjadi pemesan pertama untuk menjahitkan baju di BLK Komunitas Workshop.”

Kalau anak-anak kita nanti sudah siap, saya pribadi akan menjahitkan baju di BLK ini,” sebut Arpan.Dalam kesempatan itu Arpan juga menyerahkan baju bagi peserta pelatihan di BLK Komunitas Workshop.

Program pengembangan BLK Komunitas merupakan terobosan dari Presiden Joko Widodo dalam peningkatan kompetensi tenaga kerja melalui pelatihan vokasi.

Diketahui, BLK Komunitas adalah unit pelatihan vokasi pada suatu komunitas di Lembaga Pendidikan Keagamaan Non Pemerintah yang meliputi pondok pesantren, seminari, damaseka, pasraman, serta komunitas serikat pekerja/buruh yang tersebar di seluruh Indonesia.

Melalui program BLK Komunitas, masyarakat sekitar memiliki akses untuk mendapatkan pelatihan kerja agar mendapatkan bekal keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja lokal atau dapat berwirausaha secara mandiri.

Sumber: Analisa Daily

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *