Streaming Online

PD GPMB Tapsel Diharap Mampu Tingkatkan Masyarakat Minat Baca

Pengurus Daerah (PD) Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), diharap mampu tingkatkan masyarakat gemar membaca. Supaya, tercipta masyarakat yang cerdas, berbudaya, berdaya saing tinggi, dan bermartabat.

PD GPMB Tapsel Diharap Mampu Tingkatkan Masyarakat Minat Baca

“GPMB hadir untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya membaca dan belajar sepanjang hayat,” kata Ketua GPMB Sumut, Nawal Lubis Edy Rahmayadi, usai melantik PD GPMB Kabupaten Tapsel, sekaligus membuka rapat koordinasi perpustakaan di Aula Sarasi, Lantai III, Kantor Bupati setempat, Kamis (18/11).

Lebih lanjut, Nawal menyatakan kesadaran, masyarakat untuk membaca, diharapkan juga mampu membawa kehidupan lebih sejahtera. Percepatan pertumbuhan minat serta kebiasaan membaca di tengah masyarakat juga menjadi upaya untuk membangun serta mempersiapkan generasi unggul.

Generasi unggul, sebut Nawal, diperlukan dalam rangka menyongsong era industri 5.0 serta bonus demografi yang segera dihadapi bangsa Indonesia. Dijelaskannya, menurut hasil survei beberapa lembaga survei di dunia Indonesia berada di tingkat paling bawah dalam minat membaca. Hal itu tentu menjadi keprihatinan dan harus menjadi perhatian bersama.

“Ini pada survei Lembaga Program for International Studen Assesment (PISA) yang diterbitkan pada bulan Maret 2019 menempatkan Indonesia pada peringkat 74 dari 79 negara. Di Sumut menempati peringkat 18 dari 34 provinsi, ini merupakan kondisi yang memprihatinkan kepada kita semua,” terangnya merasa prihatin.

Adapun masalah yang dihadapi, menurut Nawal, yakni akses buku yang saat ini dihadapi anak-anak di pedesaan. Bagi anak-anak di perkotaan untuk dapatkan buku bahan bacaan tidak mengalami kendala. Anak-anak, bisa datang ke toko buku, perpustakaan, dan lainnya.

“Rendahnya minat baca akan bermuara pada rendahnya kualitas SDM manusia di pedesaan,” ucapnya.

Untuk itu, dirinya menginginkan PD GPMB Kabupaten Tapsel bersama unsur lainnya dapat lahirkan generasi cerdas, terampil, mandiri, religius, serta berdaya saing. Di mana, semua itu bisa dihasilkan dari generasi yang minat membaca. Efeknya adalah menambah informasi, memperkaya wawasan, mengasah daya pikir, dan membentuk karakter mulia anak.

Sementara, Ketua PD GPMB Kabupaten Tapsel, Ny Rosalina Dolly Pasaribu, dalam sambutannya, meminta kerjasama seluruh unsur terkait, baik dari Pemkab maupun swasta, agar dapat menjalankan program minat baca ini di kalangan masyarakat. Dia mengungkapkan, mengembangkan minat baca, bukan pekerjaan yang mudah dan tidak bisa hanya menjadi tanggung jawab pemerintah semata.

“Akan tetapi jadi tanggungjawab semua elemen masyarakat dan tingkat keluarga hingga negara. Hal ini berkenaan dengan generasi muda Indonesia ke depan untuk dapat berkompetisi di tengah-tengah masyarakat global,” tuturnya.

Selaku pengurus PD GPMB Kabupaten Tapsel, pihaknya menyadari akan tugas dan tanggungjawab organisasi dalam menjembatani semua pihak sebagai upaya peningkatan indeks literasi minat baca di daerah, sebagaimana visi misi Pemkab Tapsel menuju masyarakat yang lebih sehat, cerdas, dan sejahtera.

Selain itu, pihaknya juga senang dan merasa bangga karena semangat Pemkab Tapsel dalam mendukung GPMB sudah memuaskan yang dimulai dengan hadirnya pustaka-pustaka di tingkat desa, kelurahan, kecamatan, maupun kabupaten, begitu juga dengan fasilitas gedung, buku, digitalisasi buku hingga komitmen anggaranpun juga sudah tersedia.

Maka dari itu pihaknya mengucap terima kasih kepada Bupati Tapsel, DPRD, serta Kadis Perpustakaan dan Kearsipan. Terakhir, Rosalina berharap dukungan/kerjasama yang baik dari pemerintah, masyarakat, dan PD GPMB Kabupaten Tapsel itu sendiri, untuk memajukan/meningkatkan minat baca masyarakat.

Sebelumnya, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Tapsel, Ongku Muda Atas, dalam laporannya menyampaikan, adapun maksud dan tujuan didirikannya GPMB itu untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia sesuai dengan visi Pemkab Tapsel. Untuk mewujudkan hal itu, tentu harus dilakukan berkelanjutan dan terorganisir secara luas ke seluruh tingkatan masyarakat.

“GPMB, juga diharapkan dapat memotivasi dan menyosialisasikan kemasyarakatan minat baca ke seluruh lapisan masyarakat,” tukasnya.

Adapun PD GPMB Kabupaten Tapsel yang dilantik antara lain, Ketua Rosalina Dolly Pasaribu, Sekretaris Fauzani Harahap, dan Bendahara Tetty Nuryani. Hadir dalam kegiatan ini Kepala Dinas Perpustakaan Sumut Alen Purba, Asisten Ekbang Moh Said, Ketua Organisasi Kemasyarakatan, para pegiat literasi, Camat serta Kepala Desa.

Sumber:Humas Tapsel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *