Streaming Online

Kades Siali – ali panen 10 ton semangka bersama petani

Kepala Desa Siali – ali, Kecamatan Lubuk Barumun, Kabupaten Padang Lawas ( Palas) Tolong Hasibuan menggelar kegiatan penen 10 ton semangka, bersama masyarakat petani yang tergabung dalam gabungan kelompok tani ( Gapoktan) Napa Subur, di lokasi lahan tumpang sari PT A3 ( Alam Agro Abadi), sekitar desa setempat, Selasa (9/11) semalam.

Tolong Hasibuan, Rabu (10/11) sore mengatakan kegiatan panen semangka tersebut, adalah panen perdana sejak masa tanam tahun 2021 ini, beberapa waktu lalu. Disebutkannya, penanaman semangka non biji dan berbiji ini, dimotori oleh seorang petani profesional di desa setempat, atas nama Erwin Siregar. Yang juga, sebagai pengurus Gapoktan Napa Subur binaan desa yang dipimpinnya tersebut.

“Semoga kegiatan panen semangka  perdana kami itu diridhoi Allah SWT. Dan membawa berkah bagi seluruh masyarakat desa, khususnya bagi para patani yang tergabung dalam Gapoktan Napa Subur”.tutur Tolong kepada wartawan melalui pesan Watsapp-nya. 

Dipaparkan Tolong sebelumnya, luasan areal pertanian semangka tersebut kurang lebih sekitar 6 hektar. Ia juga menyebutkan hasil panen semangka musim ini diperkirakan pihaknya akan mencapai 70 ton. Untuk harga per kilo semangka biji dan non biji tersebut, dijual pihaknya kepada agen pengasong, senilai Rp 1.700 dan Rp 2.500 per kilo gram.

“Kiranya hasil panen semangka ini nanti, juga dapat menunjang pertumbuhan ekonomi masing – masing masyarakat kami para petani yang tergabung dalam Gapoktan Napa Subur itu dimasa pandemi Covid-19 saat ini ke depan, amin”.tambahnya.

Sumber : antaranews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *