Streaming Online

Hujan Meteor, Fenomena Indah Di Langit Malam

Hujan meteor (Shutterstock)

Hujan meteor adalah kejadian ketika ribuan meteor melewati Bumi bersamaan. Meteor ini akan tampak bercahaya seperti hujan. Ini merupakan fenomena yang sangat indah dan bisa disaksikan tanpa harus menggunakan teleskop atau alat bantu lain. Meteorid ini berasal dari debris sisa komet. Debris ini juga mengorbit mengelilingi Matahari. Ketika Bumi melewati orbit debris, inilah saat kita melihat hujan meteor.

Orbitnya bisa terjadi hingga 21 kali dalam setahun. Namun, hujan meteor akan terjadi paling banyak diantara bulan April dan Desember. Hujan meteor dapat diamati selama satu atau dua hari. Namun, jika bersamaan dengan bulan purnama, mungkin hujan meteor tidak akan terlihat.

Waktu terbaik untuk mengamati hujan meteor adalah ketika dini hari, ketika malam tampak paling gelap. Berikut daftar nama hujan meteor yang dapat diamati di Bumi.

-Quadrantids: Desember atau Januari

-Lyrids: April

-Perseids: Agustus

-Orionids: Oktober

-Leonids: November

-Geminids: Desember

Nama ini diberikan sesuai dengan rasi bintang arah datangnya hujan meteor. Misalnya, hujan meteor Orionids muncul setiap bulan Oktober. Hujan meteor ini berasal dari rasi bintang Orion.

Apakah hujan meteor bisa menabrak Bumi?

Meteoroid merupakan debris sisa komet dan berukuran sangat kecil. Walaupun meteoroid mengarah ke Bumi, materi ini akan terbakar habis bahkan sebelum mencapai permukaan Bumi. Jadi hujan meteor aman dan tidak berbahaya bagi manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *