Breaking News

Hari Ke-4 Safari Ramadhan Pemko Padang Sidempuan, Bantu Masjid Pijorkoling Rp45 Juta

0 0

PADANG SIDEMPUAN-Pemerintah Kota Padang Sidempuan menggelar hari keempat Safari Ramadhan 1443 Hijriyah di Kecamatan Padang Sidempuan Tenggara dan menyerahkan Rp45 juta untuk membantu pembangunan Masjid Al-Munawwar Kelurahan Pijorkoling, Rabu (20/4/2022).

Safari ini dipimpin langsung Wali Kota Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasution. Diikuti Sekretaris Daerah Letnan Dalimunthe, Kepala Kantor Kementerian Agama Saripuddin Siregar, para Asisten, Kabag dan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Rombongan tiba di lokasi sekitar pukul 17:30. Disambut Camat Padang Sidempuan Tenggara Eka Yanti Batubara bersama Sekcam dan staff, Lurah Pijorkoling Zulkarnain Hidayat dan Ketua BKM Al-Munawwar Amiruddin Siregar.

Bertempat di basement Masjid Al-Munawwar Pijorkoling yang sedang tahap pembangunan, kegiatan diawali silaturahmi antara pemerintah (umaro) bersama ulama dan masyarakat. Berbagai aspirasi dan solusi terkait pembangunan fisik dan non fisik dibahas di sana.

Amiruddin Siregar Ketua BKM Al-Munawwar Pijorkoling mengatakan, pembangunan atau pemugaran masjid ini sudah memasuki tahun kelima. Sebelumnya hanya satu lantai dan berstatus sebagai Masjid Besar Kecamatan Padang Sidempuan Tenggara.

“Bantuan para dermawan dan pemerintah sudah kita terima. Namun karena kebutuhan yang lebih besar, maka kondisi pembangunan masjid ini belum rampung tertuntaskan. Masjid ini juga masih butuh sarana air bersih dari sumur bor,” kata Amiruddin.

Acara dilanjutkan dengan buka puasa, sholat Maghrib berjamaah dan makan bersama. Kemudian sholat Isya, tausiyah kuliah lima belas menit (Kulibas) oleh Ustadz Gembira Siregar dan sholat Tarawih berjamaah.

Wali Kota Irsan Efendi Nasution mengatakan, empat tahun kepemimpinannya bersama Wakil Wali Kota Arwin Siregar, tahun ini merupakan Safari Ramadhan yang kedua kalinya digelar Pemko Padang Sidempuan.

“Tahun 2020 dan 2021 tidak melaksanakan Safari Ramadhan karena Pandemi Covid-19. Hari ini kami hadir di Masjid Al-Munawwar dalam rangka hari keempat safari. Besok dan lusa kita ke Kecamatan Padang Sidempuan Utara dan Selatan,” katanya.

Menyahuti aspirasi masyarakat, Wali Kota Padang Sidempuan meminta waktu untuk memeriksa apakah usulan tersebut sudah ada ditampung dalam rencana pembangunan tahun ini atau tahun depan.

“Untuk sumur bor atau air bersih, saya pastikan dibangun tahun depan. Untuk yang belum tertampung di program pembangunan tahun ini, kita sesuaikan dengan kondisi keuangan daerah apakah bisa ditampung di tahun depan,” jelasnya.
.
Bantuan Rp45 Juta

Untuk pembangunan Masjid Al-Munawwar, Pemko Padang Sidempuan menyerahkan bantuan sebesar Rp15 juta. Namun bantuan itu kemudian bertambah Rp30 juta lagi setelah Wali Kota menyerahkan infaq dan diikuti rombongan.

“Pada kesempatan ini, saya serahkan Infaq almarhum ayah dan ibu saya sebesar Rp10 juta. Bagi bapak dan ibu yang hadir, khususnya rombongan, silahkan jika mau berinfaq bagi suksesnya pembangunan masjid ini,” katanya.

Selanjutnya Sekda, Asisten, pimpinan OPD, Kabag dan Kakan Kemenag menyerahkan infaq masing-masing dan terjumlah Rp20 juta. Sehingga bantuan di pada safari ini berjumlah Rp45 juta. Yakni dengan rincian Pemko Rp15 juta, Wali Kota Rp10, rombongan Rp20 juta.

Selain bantuan untuk masjid, Pemko Padang Sidempuan juga menyerahkan paket bantuan kepada 50 orang anak yatim, fakir miskin dan pengurus masjid. Sementara dari Kakan Kemenag ada bantuan Al Qur’an kepada BKM.

Camat Padang Sidempuan Tengara Eka Yanti Batubara megucapkan selamat datang dan terimakasih atas kehadiran rombongan Safari Ramadhan Pemko Padang Sidempuan yang dipimpin langsung Wali Kota Irsan Efendi Nasution.

“Kehadiran bapak dan ibu menjadi suatu kebanggan dan kebahagiaan bagi kami. Apalagi sampai lima jam kita bersama di masjid ini. Terimkasih atas bantuan dan infaq yang diberikan, semoga menjadi amal ibadah dan termanfaatkan dengan sebaiknya,” kata Camat perempuan pertama di Padang Sidempuan Tenggara ini.

Sumber : Humas Pemko Padangsidimpuan.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.