Streaming Online

Bagaimana Cara Merawat Rangka Tubuh Kita?

Bagaimana cara merawat rangka tubuh kita?

Pertanyaan itu menjadi pertanyaan penting yang perlu dijawab. Rangka tubuh kita merupakan tombak pergerakan tubuh kita. Jika ingin tetap aktif bergerak, maka kita harus menjaga kesehatan rangka tubuh kita.

Cara merawat rangka tubuh kita(freepik)

Cara merawat rangka tubuh kita Berikut daftar cara merawat rangka tubuh kita.

1. Makan banyak sayur-sayuran

Sayur-sayuran merupakan sumber vitamin C yang baik untuk rangka tubuh. Vitamin C baik untuk menstimulasi produksi sel tulang. Selain itu, vitamin C juga merupakan antioksidan yang bisa mencegah kerusakan jaringan tulang. Sayur juga mampu meningkatkan kepadatan tulang karena mengandung mineral dan kalsium.

2. Melakukan strength training atau olahraga massa otot

Ini merupakan olahraga yang khusus untuk meningkatkan massa otot dan kesehatan tulang. Lakukan olahraga ini setidaknya dua kali dalam seminggu.

3. Mengonsumsi makanan yang mengandung protein

Protein tidak hanya baik untuk otot rangka, namun juga untuk tulang. Penelitian menyebutkan bahwa wanita lansia yang mengonsumsi lebih banyak protein memiliki kepadatan tulang yang lebih baik.

4. Mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium tinggi

Makanan yang mengandung kalsium penting untuk menjaga kesehatan rangka tubuh kita. Kalsium berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang rangka manusia.

5. Berjemur di pagi hari Cara merawat rangka tubuh kita selanjutnya adalah berjemur di pagi hari. Sinar matahari mampu membantu tubuh untuk memproduksi vitamin D untuk tubuh. Vitamin D merupakan faktor yang penting untuk memaksimalkan penguatan tulang.

6. Berdiri dan duduk dengan postur yang baik Menjaga postur tubuh ketika berdiri dan duduk merupakan salah satu cara merawat rangka tubuh kita. Berdiri dan duduklah dengan postur yang tegak dan lurus.

7. Mengangkat beban sesuai kemampuan Untuk merawat rangka tubuh, jangan sampai kita mengangkat beban yang terlalu berat. Mengangkat beban yang terlalu berat bisa berbahaya bagi rangka tubuh kita. Risiko jika mengangkat beban yang terlalu berat antara lain kelelahan hingga patah tulang.

sumber : kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *